Tapi, apakah kebaikan itu Rama..?

Sebenarnya aku tidak memiliki kebaikan-kebaikan itu. Kebaikan itu bukan pahala perbuatan manusia, Rama. Kebaikan itu bahkan sudah ada, sebelum manusia mampu mengadakannya. Kebaikan itu bukan suatu peristiwa, kebaikan itu hanya ingin menjelma di dunia. Ia adalah dorongan-dorongan bathin yang tak henti-hentinya ingin mewujudkan diri keluar. Namun sering manusia justru menghalanginya Karena kejahatannya.

Maka Rama, biarlah kehidupanmu yang sepi di hutan ini menjadi saat-saat hening dimana kau dapat merenungkan kebaikan itu. Dengan demikian kau akan masuk kedalam kebaikan itu, dan berlahan-lahan kebaikan itu akan meresapi dirimu. Lalu kau akan menjadi baik.

Saat ini sebenarnya kebaikan telah menjelmakan dirinya. Jadi, jangan kau bermegah (bangga), atau sombong kalau kau merasa telah berbuat kebaikan, karena sebenarnya kau hanyalah jalan bagi kebaikan itu untuk menjelma.

Kalau aku bilang, “terimalah kebaikanku”, sebenarnya bukan aku yang memberi, tapi kebaikan itu sendiri yang merelakan diri untuk terus mewujudkan diri.
(Resi Yogiswara ; Anak Bajang Menggiring Angin)